Sabtu, 24 Desember 2016

AGEN POKER - Asal Usul Alat Musik Dari Kulit Kerang

AGEN POKER


Asal Usul Alat Musik Dari Kulit Kerang

Asal Usul Alat Musik Dari Kulit Kerang
Asal Usul Alat Musik Dari Kulit Kerang
Tahuri adalah terompet yang dikenal oleh masyarakat Maluku yang tinggal di pesisir pantai memiliki peralatan musik yang unik dari sebuah kerang yang jika ditiup bunyinya akan terdengar nyaring.

Dalam mendorong kualitas musik tradisional di daerah Maluku, banyak keragaman yang dikembangkan lewat berbagai alat musik tradisional.

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya bia atau siput di dunia ini tersebar dengan beraneka ragam. Baik dalam ukuran besar, sedang maupun dalam ukuran kecil.

Kulit bia Salah satu alat musik yang dikembangkan berasal dari dasar laut, Seiring berjalannya waktu, pengembangan kulit bia ini pun berubah bukan hanya sebagai kerajinan tangan, melainkan dipakai sebagai alat musik tiup.

Semakin kecil ukuran kerangnya, semakin nyaring bunyinya dan semakin besar kerangnya bunyinya pun semakin rendah.

AGEN POKER - Asal Usul Alat Musik Dari Kulit Kerang

Ide awal pembuatan Tahuri sebagai alat musik tradisional ini mulai dimunculkan lewat gagasan seorang wakil Gubernur Daerah Tingkat I provinsi Maluku. Letkol G. Latumahina.

Agen Poker - Profesi yang dimilikinya bukan hanya seorang militer, ia juga seorang pamong praja yang baik yang memiliki talenta sebagai seorang budayawan di daerah ini.

Menurut Dominggus Paulus Horhorouw yang lahir pada 18 Desember 1913 di desa Hutumuri Ambon, pimpinan Orkes Suling desa, pada sekitar tahun 1962 ia dipanggil menghadap wakil Gubernur Maluku di kediamannya di kota Ambon.

0 komentar:

Posting Komentar